Rabu, 11 Oktober 2017

ARE YOU GOSIPERS ???

Gw terkedang merasa heran dengan cara bergaul anak yang jaman now. Yang menjadikan gosip adalah sebagai topik pembicaraan sehari - hari. Setiap berkumpul baik itu dilingkungan bertetangga, teman kerja, teman sekolah atau dengan orang lain selalu saja merasa klop kalo udah ngomongin orang lain atau membahas gosip orang lain.

Gw adalah orang yang dari dulu termasuk gak suka mendengarkan gosip gak suka ngomongin orang. Karena memang gak bisa aja. Pernah waktu kecil ngomongin atau ngecengin orang kok pipi nya warna nya gak rata ada putih - putih gitu ' jilat ari ' itu bahasa kampung nya, saya gak tau bahasa jakarta nya apa. Maklum belum lama tinggal di jakarta. Naah gak lama setelah gw ngomong gitu eh.... abis itu malah pipi gw yang terkena si ' jilat ari ' itu.

Dan gak cuma itu aja, banyak eksperimen yang serupa dengan hal diatas yang gw lakukan ke diri gw dan hasil nya tetap sama. Abis gw ngomongin kejelekan orang lain maka gak lama setelah itu gw juga bakal terkena hal nya agak persis sama dengan orang tersebut. Jadi kemudian gw putusin untuk gak mau lagi ngomongin kejelekan orang lain alias ngegosipin orang.


Dan gak cuma itu aja sih alasan gw untuk gak mau ngegosip, gw juga memang gak suka dengan si gosip ini apa lagi sama orang yang ngegosipin orang Lain. Sebab gw dulu pernah diajarin sama guru gw waktu sekolah. Kalo kita ngegosipin orang lain maka pada saat lo udah gak bersama teman - teman yang biasa lo ngegosip maka lo lah yang akan digosipin. Jadi jika berteman dengan orang suka gosip maka lo juga bakal jadi bahan gosipan pada saat lo gak ada sama mereka. Jadi kata - kata guru gw itu selalu terngiang- ngiang ditelinga gw yang membuat gw tertahan untuk ngegosipin orang lain dan untuk tidak berteman terlalu dekat dengan si gosipers itu.

Dan lagi yang paling jelasnya di agama Islam sendiri juga sangat tegas dengan masalah gosip ini. Jadi ada hadis nabi yang mengungkapkan kalo orang yang membicarakan kejelekan  ( gosip )  teman nya sesama muslim maka sama dengan mereka memakan bangkai orang yang mereka gosipkan itu, sereem dan jorok banget kan perempumaan nya. Itu karena saking tegasnya Islam untuk melarang gosip.

Nah maka tidak ada alasan lagi buat gw untuk ngegosip ataupun ikut - ikutan ngegosipin orang lain ( walau kadang suka khilaf, tapi tetap berbenah diri. )
Tapi gw yakin kalo kita semua bisa menjaga aib teman kita sendiri maka tidak akan ada lagi gosip diantara kita.

Akantetapi yang terkadang gw heran. Kenapa orang - orang yang suka bergosip itu banyak sekali jumlah nya. Apa karena konten siaran televisi yang menayangkan gosip atau memang si gosip ini sudah merasuk kedalam diri umat manusia. Entahlah..

Kadang dalam suatu komunitas atau hubungan sosial, orang yang  tidak suka  gosip malah dijauhi dan dikucilkan. Sayang ini miris sekali... semoga semua yang sedang bertahan pada komitmen diri kalo tidak mau bergosip walau dikucilkan oleh lingkungan yang gila gosip tetap selalu bertahan. Lingkungan yang suka gosip sungguh tidak sehat bahkan dia bisa ngegosipin keluarga nya sendiri saking gatal nya mulut mereka ingin bicara ...



No gosip itu lebih sehat 
No gosip itu lebih peaceful
No gosip itu lebih bermartabat 
No gosip itu sungguh sikap mukmin sejati. 
:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar