Minggu, 05 November 2017

" SUKA NANTI "

Teman - teman pasti sudah tau fungsi dari sebuah tiang? Tiang itu berfungsi untuk  menopang, menyanggah suatu bangunan agar tidak roboh dan bisa berdiri kokoh. Jika suatu bangunan mempunyai tiang yang rapuh maka lama - kelamaan pasti akan hancur dan roboh. Mungkin karena angin atau karena beratnya beban yang di sanggah oleh tiang itu.

Didalam agama islam tiang itu adalah Sholat. Sehingga kita sering mendengar kata - kata " Tiang agama adalah Sholat. Jika baik sholat seseorang maka baik pula lah kehidupan nya. Maka bisa di bayangkan bagaimana dengan seorang muslim yang suka melalaikan sholat bahkan meninggal kan nya. Hidup akan menjadi tidak karuan. Kehidupan akan menjadi semakin kacau, setiap masalah akan terasa berat dan hati merasa tidak tenang.

Begitu juga dengan seorang yang sholat tapi masih melalaikan nya, dengan cara menunda - nunda sholat padahal sudah datang waktu nya.
Ya, Memang waktu sholat itu panjang jadi bisa nanti di kerjakan. Tapi kalo nanti kita punya masalah trus minta tolong sama Allah dan Allah bilang   
"nanti aja waktunya kan masih panjang" 
gimana ? Apa gak senyek tuh.? Sebaik - baik nya sholat adalah yang dilakukan di awal waktu, dan itu ada didalam hadis Nabi.


Aku pribadi juga bukanlah orang yang sempurna yang sholat nya selalu diawal waktu. Tapi alasan ku untuk menulis ini adalah berasal dari pengalaman  pribadiku. Aku yang biasanya jika dalam perjalanan selalu menggampangkan sholat dan dilakukan nanti saat sudah tiba dirumah karena perjalanannya sudah tanggung dan akan sampai dirumah sebentar lagi. Sehingga aku telat mengerjakan nya, padahal aku masih punya waktu untuk mengerjakan nya jika aku mau berusaha sedikit mencari tempat sholat terdekat.

Tapi hari ini aku terpukul sekali melihat semangat teman ku. kami sama - sama naik busway lalu pas di tempat transit pertama waktu Sholat Ashar datang. Lalu teman ku panik sepanik -panik nya karena mau sholat. Lalu kami bertanya kepada petugas yang ada disana, untuk mengetahui apakah kami bisa menumpang sholat disana. 

Namun ternyata mereka tidak menyediakn nya dan kami disuruh sholat di gedung terdekat dari halte tersebut. Dan kami sholatlah disuatu gedung diseberang halte busway.

Sangat jarang sekali bisa menemukan orang yang seperti ini, kecuali seorang ulama, sudah tidak diragukan lagi sholatnya. 

Tapi teman ku ini yang hanya orang biasa dan sangat khawatir sholat nya terlambat sehingga ingin sholat di halte busway yang dipenuhi orang - orang yang tergesa - gesa menunggu angkuta n ketujuan merwka masing - masing. Tentu sangat sulit untuk mencari tempat sholat disana. jujur pasti kita juga akan berfikir " udah ah nanti aja dirumah juga bisa sholat dan masih ada waktu kok " 
naah... inilah kita yang selalu menggampangkan sholat. Kita sangat mudah bilang " nanti aja deh "  " masih banyak waktu ".


Akupun begitu, dengan mudahnya menggampangkan sholat dan bilang nanti sholat nya dirumah aja. Pun petugas bussway disana mungkin juga  sangat jarang menemukan orang yang menumpang sholat di halte bussway yang bisa dibilang gak ada tempat sholat disana.

Yang aku ingin share disini adalah begitu semangat nya temanku ini untuk memperjuangkan sholat diawal waktu sehingga rela melakukan apa saja agar bisa sholat bahkan menghentikan apapun yang sedang iya kerjakan saat itu.

Bagiku ini adalah sebuah pelajaran berharga dari Allah untuk ku. Aku yang kadang lalai dalam mengerjakan sholat padahal itu bisa aku lakukan tepat waktu, aku lebih memilih untuk melakukan nya nanti saja kalo sudah sampai dirumah.

Ini juga menjadi introspeksi diri bagi kita semua yang membaca tulisan blog saya ini. Agar tidak menjadi muslim atau muslimah yang " Suka Nanti " dalam mengerjakan amalan utama bagi umat islam ini.


Keep Istiqomah
Keep Happy
Keep spirit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar