Selasa, 31 Mei 2016

Tipe -Tipe Pemimpin

Semakin bertambah usia maka semakin banyak yang saya lihat,  semakin jauh saya melangkah semakin bervariasi yang saya temui.  Begitu banyak orang dan berbagai macam orang yang saya temui, mulai dari kalangan menengah bawah sampai dengan orang yang punya kemampuan diatas orang rata -  rata.  Semua itu saya jadikan pengalaman yang berharga didalam hidup saya.  Ada banyak pemimpin yang saya temui selama perjalanan karier saya, karena saya lumayan perpengalaman didunia kerja.  Jadi ada beberapa pemimpin yang saya temui dengan kriteria mereka masing - masing  .  Dari mereka saya banyak belajar tentang hidup,  tentang dunia kerja dan juga tentang kepemimpinan  itu sendiri.
kali ini saya memberanikan diri untuk memaparkan tipe -  tipe seorang pemimpin dari yang sudah saya temui  selama ini
1. Pemimpin Pembelajar
Ini adalah tipe pemimpin yang selalu menganggap dirinya masih kurang dari sisi pengetahuan dan kemampuan ( bila dibandingkan dengan pemimpin lain yang setara).  Dia selalu ingin mengupgrade kemampuan dirinya. Semua itu karena rasa tanggung jawab pada diri,  keluarga dan karyawan atau bawahan.  Dia sadar kalo pemimpin itu seharusnya mempunyai wawasan yang luas bila dibandingkan dengan bawahan nya.  Dia selalu membuat dirinya adalah ladang ilmu dan selalu ingin berbagi dengan siapa saja yang dia inginkan.  Tipe pemimpin seperti ini akan sangat mudah untuk berhasil dan akan disukai banyak orang khusus nya bawahan nya,  karena pengetahuan yang dia miliki dan pastinya juga sangat disegani.

2. Pemimpin Apa Adanya 
Ini adalah tipe pemimpin yang selama menjabat akan melakukan apa yang sudah dia lakukan sebelumnya.  Dia tidak akan suka membaca ataupun mengikuti trainng guna untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan nya.  Dia yakin dengan cara lama yang sudah berhasil dan dilakukan lagi serupa dengan itu maka hasil nya akan tetap sama. Padahal,  dia tidak sadar kalau zaman sudah berubah dan apapun itu untuk bisa sukses harus bisa mengikuti zaman dan mempunyai  kemampuan yang mumpuni. Tipe pemimpin seperti ini akan sering dijadikan bahan gunjingan  oleh bawahan nya karena tidak bisa memberikan jawaban yang sesuai dengan jaman sekarang ini.  Pemimpin tipe ini juga akan semakin terpuruk dan ditinggalkan karena tidak bisa mengupgrade diri sehingga seimbang dengan pembaharuan yang terjadi. 

Jadi itulah 2 tipe pemimpin menurut versi saya pribadi yang saya dapat dari pengalaman saya bekerja dan bertemu dengan banyak orang. 
Pada inti nya siapapun kita mau pemimpin ataupun bawahan sebaiknya kita selalu terus belajar dan mempunyai rasa ingin tau yang tinggi agar kita selalu menjadi seseorang yang diandalkan dimanapun berada dan sebagai apapun kita. 

Never stop learning!!! 
apakah anda sudah belajar atau membaca hari ini??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar